RESPONSIVE KEBAIKAN



Gimana rasanya jika membuka situs yang tidak responsive. Loading laaamaa banget, sudah itu makan banyak data karena banyaknya iklan?

Abaikan pertanyaan ini.

Bagaimana rasanya saat membuka komputer, bootingnya laaamaa banget, sudah itu aplikasi yang mau dipakai pada eror, terlebih lagi pada saat situasi penting? Pasti sebel bin marah. Rasanya pingin ngucah-ngucah kacang.. ^-^

Walaupun tidak bisa disamakan Allah dengan manusia, tetapi dapat kita bayangkan bagaimana keadaan kita di mata Allah? Karena tidak responsive terhadap kewajiban, terlebih lagi jika keadaannya hanya karena mendahulukan bersifat duniawi, apalagi main-main belaka.

Jangan sampai itu terjadi kita. Bagaimana supaya kita responsive terhadap kebaikan dan memiliki semangat iman yang selalu terawatt?

Manusia adalah produk Hi-Tech tercanggih (Robert Galvin, Motorola)

Keyboard (input)= Pancaindra (input)
Monitor (Output) = Pancaindra (Output)
Hardisk = Seluruh sel tubuh
Software = Pikiran dan Perasaan
Operating System = Hati Nurani

Andai manusia bisa dianalogikan komputer, maka manusia pun perlu perawatan sebagaimana komputer.

Sebagaimana komputer, manusia pun sering diserang oleh virus pemikiran, tontonan, pemandangan, dan bacaan berupa ajakan negative kepada manusia.  Karena itu, manusia juga memerlukan antivirus untuk melindungi dan membasmi virus yang merusak.

Shalat lima waktu merupakan software antivirus yang terbaik untuk manusia.

Shalat yang benar akan melindungi manusia dari pemikiran sesat atau keinginan untuk melakukan perbuatan keji dan munkar.

Sebuah kelaziman anak manusia, tak lepas dari salah dan khilaf, akan tetapi, shalat mampu membersihkan dosa-dosa dari satu waktu ke waktu berikutnya. Hingga Rasulullah sendiri memisalkan bagaikan sungai di muka rumah. Setiap kali mandi di sana, maka badannya akan bersih. Bagaimanalah lagi jika dilakukan lima kali sehari.

Terkadang pada saat booting, memerlukan proses waktu yang lama, hal ini mungkin dikarena banyaknya aplikasi sampah yang tidak diperlukan. Maka perlu dilakukan disk clean up, agar performa komputer  selalu maksimal.

Shalat juga merupakan alat disk clean up yang paling ampuh untuk manusia, asal dilakukan lima kali sehari, tepat waktu dan ada usaha untuk mengupayakannya dengan benar.

Komputer juga perlu dilakukan Disk Defragmenter. Diskdefragmenter akan bekerja untuk menjaga kestabilan pc dan keadaan hardware. Karena selain menata file yang berhamburan, Disk defragmenter juga mampu mengakomodasi dan men-fix kan boot dan sector dalam harddisk eror program.

Shalat yang sempurna akan menata hati, pemikiran dan tujuan kita. Shalat mempu mengakomodasi prilaku menuju kepada yang lebih baik, sehingga dapat dipastikan hidup lebih terarah dan sangat minim dari kondisi eror program.

Ya,, namanya juga makhluk. Tidak lepas dari kerusakan. Komputer juga kadang mempunyai masalah hardware yang tidak kompatibel dengan software.

Manusia juga, kadang mengalami hal seperti itu, ketika kenyataan yang tidak sesuai dengan hati pikiran, kondisi ini bisa membuat seseorang stress, bahkan depresi. Akan tetapi, shalat yang dilakukan dengan istiqamah akan membuat seseorang ikhlas, jujur pada hati dan nurani, hati dan nurani selalu bersandar pada agama, tangguh, tidak mudah mengeluh dan selalu bersyukur.

“Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir. Kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat. Mereka itu tetap mengerjakan shalatnya.” (Q.s. Al-Maarij : 19-23)


Terlepas benar tidaknya analogi ini, shalat memang sebuah kegiatan yang diwajibkan kepada manusia. Jagalah selalu waktu shalat dan berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas agar seluruh, pancaindra, serta hati dan nurani selalu dalam kondisi baik dan responsive terhadap kebaikan.

Allahu a’lam
#Nasehatuntukdirisendiri.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RESPONSIVE KEBAIKAN"

Post a Comment