Menu
Cahaya Akhwat

Inilah Arti Cinta Sejati



Kata cinta memang selalu mewarnai anak manusia. Kata cinta menjadi momok yang sangat indah dan memotivasi bagi dua insan yang dilanda asmara. Sebaliknya, kata cinta menjadi momok menyedihkan bahkan kadang membinasakan bagi mereka yang mengalami sesuatu yang buruk dalam percintaan. Tapi, setiap orang pasti memiliki harapan yang sama, yaitu  ingin memiliki cinta yang sejati dalam hidupnya. 

Lalu cinta sejati itu apa?

Cinta merupakan kalimat sederhana tapi sangat rumit dijabarkan. Terdiri dari 5 huruf, namun penjabarannya sangat luas bahkan mungkin luasnya melebih 5 benua. Allahu a’lam. Dan mungkin kita sendiri pun memiliki definisi cinta sejati yang berbeda.

Kita sebagai umat muslim, pernahkah bertanya bagaimana menurut Islam? Islam ajarannya rahmatallil ‘alamin. Pasti ada menjelaskan bagaimana seharusnya cinta sejati itu.

يَـۤأَيُهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا قُوْا أَنْـفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْـحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَـۤـﺌِكَةٌ غَلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَايُؤْمَرُوْنَ 

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (Q.s. At-Tahrim : 6)

Beginilah Al-Qur’an mengajarkan. Cinta sejati adalah sebuah upaya untuk melindungi orang yang dicintai dari api nereka.

 Cinta sejati bukanlah bersifat duniawi semata. Mereka yang mati-matian bekerja untukmu, tapi mengabaikan perintah Allah, maka dia bukanlah cinta sejatimu. Kepada Allah penciptanya saja bisa dia abaikan, tidak mustahil suatu saat dia juga akan mengabaikanmu.

Cinta sejati adalah mereka yang menyimpan rasa dalam hatinya dan mengungkapkan ketika dia telah menikahimu.

Bukan cinta, mereka yang mengumbar rayuan dan pujian sebelum pernikahan. Pelaku pacaran dan pergaulan bebas adalah mereka yang menodai makna cinta dan akan menyeretmu ke dalam neraka.

Cinta sejati itu adalah mereka membimbingmu, mengajarimu, menasehatimu dan mengingatkanmu untuk taat kepada Allah dan Rasul-Nya.

Tidak dapat dikatakan sejati hanya karena mereka selalu bisa membahagiakanmu, tapi lupa akan keselamatan akhiratmu.

Cinta sejati bukanlah yang selalu siap menghapus airmatamu, tapi yang membimbingmu agar selalu bisa menangis dalam munajat tahajudmu.

Mungkin selama bersamanya selalu diwarnai airmata, namun selama dia mempunyai mimpi  ke surga bersamamu, maka percayalah dialah cinta sejatimu.

Cinta sejati bukanlah dia selalu ada untukmu, tapi dia selalu ada untuk ummat, sedangkan hati dan doanya selalu untukmu. 



Tidak ada komentar