Bersabarlah Jika Sakit Menyapa


Sehat adalah nikmat yang paling indah. Karena saat kita sehat, kita dapat beraktifitas sesuai dengan kebutuhan yang ada. Sehat merupakan rezeki yang benar-benar harus disyukuri. Tapi sehat itu tidak akan selamanya kita alami, adakalanya Allah SWT memberikan sakit kepada kita.

Sebenarnya, sakit juga kita harus mensyukuri. Bisa saja sakit itu adalah salah satu cara Allah SWT mencintai diri kita. Saat sakit, Allah SWT memaksa kita untuk beristirahat atau bisa juga Allah ingin kita lebih mendekat kepada-Nya. Karena tidak jarang saat kita berada dalam keadaan sehat, kita lupa, perlahan menjauh bahkan tidak melaksanakan perintah agama satu pun.

Sakit bisa menjadi ajang untuk mengkoreksi diri. Jangan pernah mengumpat saat sakit datang menyapa, baik itu flu, demam, anyang-anyangan atau bahkan penyakit lain yang bisa jadi lebih berat kadarnya. Berdoa agar diberi kemudahan dan yang terpenting adalah bersabar.

Allah SWT akan selalu mencintai hamba-Nya. Maka taatlah. Tanamkanlah dalam hati bahwa setiap perkara yang diberikan adalah demi kebaikan kita. Termasuk sakit. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya. (HR. Muslim)

Cobalah merenung barang sejenak. Bila dipikirkan dengan kepala jernih, tak jarang sakit datang karena ulah kita sendiri. Baik itu dari pola makan, gaya hidup yang tidak sehat atau pun kerja yang berlebihan. Tubuh kita diforsir melebihi kapasitasnya, mengejar dunia seakan tak ada habisnya. Padahal ada hak yang harus diberikan pada tubuh kita ini. Selain beristirahat, beribadah pun menjadi hak tubuh kita yang harus dipenuhi.

Segala bentuk ibadah yang Allah SWT perintahkan pada kita adalah menyehatkan. Mulai dari shalat, puasa, bersedekah dan juga yang lainnya. Jika jiwa kita sehat, maka fisik pun akan ikut sehat. Jika hati kita sehat maka tubuh kita juga sehat. Jangan pernah bosan memberi vitamin pada rohani kita agar fisik kita selalu diberi aura positif. 

Tetapi jika memang sakit telah melanda maka jangan pula menyesalinya. Percayalah bahwa itu benar-benar kesempatan besar untuk memperbaiki diri. 

Dan ingatlah, cobaan juga penyakit adalah tanda kecintaan Allah kepada hamba-Nya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah ta’ala jika mencintai suatu kaum, maka Dia akan memberi mereka cobaan.” (HR. Tirmidzi).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bersabarlah Jika Sakit Menyapa"

Post a Comment