Menu
Cahaya Akhwat

Hijab dan Pandangan Mata




بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
وَعَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّهَا كَانَتْ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ وَمَيْمُوْنَةَ إِذْ أَقْبَلَ ابْنُ أُمِّ مَكْتُوْمَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فَدَخَلَ عَلَيْهِ , فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ : إِحْتِجَابَ مِنْهُ . فَقُلْتُ : ياَ رَسُوْلَ اللهِ أَلَيْسَ هُوَ أَعْمٰى لَا يَبْصُرُنَا ؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ : أَفَعَمْيَاوَاَنِ وَأَنْتُمَا لَسْتُمَا تَبْصُرَانِهِ ؟

Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha. Ketika ia bercelak di sisi Rasulullah saw bersama Maymunah radhiyallahu ‘anha. Tiba-tiba muncullah Abdullah bin Ummi Maktum radhiyallahu ‘anha yang buta di hadapan mereka, kemudia ia datang kepada Rasulullah saw (karena ia buta tidak dapat melihat, maka kami berdua tidak segera menghijab diri. Kami tetap duduk di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.) Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Berhijablah kalian darinya.” Saya berkata, “Ya Rasulullah, bukankah ia buta? Ia tentu tidak melihat kami?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Bukankah kalian tidak buta darinya? Apakah kalian tidak melihatnya?” (Ahmad, Tirmidzi, Abu Dawud)

Dari hadits di atas memahamkan kepada kita bahwa; di antara fungsi hijab adalah menjaga pandangan. Baik melindungi diri kita pandangan orang lain,  juga menjaga mata kita dari memandang laki-laki yang bukan mahram.
Tak sepatutnya muslimah yang berhijab namun matanya jelalatan atau tak mampu menahan dari memandang laki-laki  yang bukan mahram. Atau terpesona idola laki-laki, walaupun hanya di layar televise.


Tak sepatutnya muslimah berhijab bercampur baur dengan laki-laki yang bukan mahram tanpa adanya keperluan. Atau memakai pakaian yang mengundang banyak perhatian.
Hijab dan menjaga pandangan merupakan salah satu perintah Allah dan menaati-Nya adalah bagian dari iman. Keduanya merupakan salah satu cara untuk menjaga kesucian jiwa, raga dan kemanisan iman. Insya Allah.

Mengabaikan keduanya adalah celah syaitan untuk meresahkan jiwa dan raga,  melahirkan niat bahkan perbuatan yang tidak baik, serta mencemarkan iman.

Hijab dan Menjaga Pandangan mata adalah mahkota wanita. 

Tidak ada komentar