Menu
Cahaya Akhwat

Hal yang wajib Diketahui Istri agar Selalu Disayang Suami



Setiap wanita pasti ingin mendapatkan cinta, kasih sayang dan perhatian penuh dari semuanya. Siapa pun dan dari kelas sosial manapun, pasti mengharapkan hal itu. Sayangnya, kadang tak semua wanita bisa merasakan hal itu.
Kali ini Cahayaakhwat berbagi tips, bagaimana agar disayang dan mendapat tempat yang istimewa di hati suami.

1.      Berdoa. Satu hal yang harus kita sadari, bahwa yang memegang hatinya adalah Allah. Maka sangat penting kita, merayu Allah agar hati dan perhatian suami hanya untuk kita.

2.      Taat pada Allah dan Rasul-Nya. Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa ada kekuatan ghaib yang mendatang sakinah, mawaddah dan warahmah. Salah satunya adalah mentaati Allah dan Rasul-Nya. Apa pun usaha kita, jika kita tidak mentaati Allah dan Rasul-Nya, apalagi sampai melakukan hal yang dilarang Allah dalam membenahi rumah tangga, maka itu merupakan suatu kegagalan.

3.      Gemar mencari ilmu. Terutama berhubungan tentang kewajiban seorang istri. Ilmu agama akan menjadi penuntun untuk membentuk rumah tangga idaman, sesuai contoh Rasulullah.  

Yang no 4 dan seterusnya, merupakan  kutipan pesan-pesan Umamah binti Harits kepada putrinya. Pesan yang disampaikan ketika puterinya di ambang pernikahan. Dan akhirnya putrinya mendapatkan kedudukan yang sangat tinggi di hati suami dan melahirkan beberapa raja yang memimpin setelah suaminya.

4.      Jadilah hamba bagi suami, maka dia akan menjadi hambamu.
Dengan menikahi kita, berarti kita adalah miliknya sepenuhnya dan kewajiban kita melayaninya. Akan tetapi jika melayaninya dengan sepenuh hati dan sebaik mungkin, maka akan mendatangkan penghargaan di hatinya.

Utamakan memberi dari pada meminta. Jika keduanya berpikir akan saling memberi, otomatis keduanya akan saling mendapat. Jika keduanya hanya berpikir saling menuntut, maka keduanya akan saling gelisah dan tidak mendapatkan apa yang diharapkan. Tidak salah bukan, jika dengan penghambaan (baca-melayani segenap jiwa) , dia akan menjadi perhatian penuh pada kita.


5.       Temanilah dia dengan penuh kepuasan, dan pergauilah dia dengan senantiasa mendengar dan mentaatinya. Karena sesungguhnya dalam kepuasan itu terdapat ketenangan hati, dan dalam pendengaran serta ketaatan itu terletak redha sang Ilahi.

6.      Perhatikan penciumannya, sehingga dia selalu mencium bau yang harum dan wangi dari dirimu, dan perhatikanlah pandangannya sehingga dia tidak melihatmu sebagai suatu yang buruk. Sesungguhnya celak merupakan sesuatu yang baik dari segala yang ada, sedangkan minyak wangi merupakan sesuatu yang harum yang dicari setiap orang.


7.      Perhatikanlah waktu makannya, dan janganlah engkau membuat kegaduhan pada saat dia tidur. Karena sesungguhnya perihnya lapar menjadikan nafsu bergejolak, sedangkan kegaduhan yang mengganggu tidur menyebabkan kemurkaan.

8.      Jagalah hartanya dengan baik. Karena sesungguhnya menjaga harta miliknya merupakan wujud dari penghormatan yang paling baik.

9.      Jagalah hubungan dan berlakulah baik kepada kerabat dan keluarganya. Pemeliharaan hubungan terhadap kerabat dan keluarganya merupakan bentuk pengurusan yang paling baik terhadap dirinya.


10.  Janganlah menyebar luaskan rahasia, dan janganlah menentang perintahnya. Karena jika engkau menyebar luaskan rahasianya, maka engkau tidak akan selamat dari penghianatannya, Dan jika engkau menentang perintahnya maka engkau telah membangkitkan amarah dalam dadanya.

11.  Hindarilah kegembiraan di hadapannya pada saat dia sedang dalam kesedihan dan kesusahan. Dan janganlah bermuram durja pada saat dia bahagia. Karena kegembiraan pada saat dia sedih merupakan kelalaian, sedangkan kemuraman pada saat dia bahagia merupakan perbuatan yang merupakan mengeruhkan suasana.

12.  Jadilah yang paling mengagungkan dirinya, maka dia akan menjadi orang yang paling memuliakanmu. Dan jadilah orang yang paling mendukungnya, niscaya dia akan menjadi lenggeng bersamamu.


13.  Kita tidak akan pernah sampai pada apa yang kita cintai dari sehingga  mendahulukan keredhaannya atas keredhaan kita, dan keinginannya atas keinginan kita terhadap segala hal yang  disenangi maupun dibenci.

Semoga Allah memberi kebaikan itu pada kita dan seluruh akhwat di dunia ini.

1 komentar

  1. Tips yang bagus bgt, andai para istri bisa melakukannya niscaya para suami sudah bisa merasakan surganya dunia ... InsyaAllah, saling mendoakan ya ukh, semoga dari keluarga yang samara akan lahir generasi emas yg akan membawa kebaikan bagi ummat...

    BalasHapus